6 Langkah yang Harus Diperhatikan Seorang Fresh Graduate Ketika Mencari Pekerjaan

Posted: September 28, 2012 in Tips Wawancara Kerja
Tags: ,

Selamat, Anda telah berhasil melakukannya! Anda berhasil melewati kuliah, memiliki gelar di tangan dan akhirnya siap untuk mengaktualisasikan diri. Anda sekarang berada di dunia nyata dan sudah waktunya untuk memulai kehidupan profesional Anda. Dan  mungkin ini untuk sebagian orang membuat bingung bahkan menakutkan.

Jika Anda berada di tengah dilematika ini: perasaan takut, senang, bingung, pengharapan atau perasaan-perasaan lainnya yang muncul saat meghadapai dunia profesional, berikut ini kami sampaikan beberapa langkah untuk membuat transisi kuliah-ke-dunia nyata yang sukses.

Langkah 1: Tentukan Arah Anda
Setelah empat (lima, enam) tahun kuliah, Anda benar-benar yakin tentang apa yang ingin Anda lakukan, bukan? Jika tidak, sekarang adalah waktu untuk menentukan apa kekuatan Anda dan mengidentifikasi apa jenis karir yang sesuai dengan Anda. Apakah Anda seseorang yang suka berada di sekitar banyak orang? Atau apakah Anda lebih bahagia bergelut dengan komputer dan rentetan angka-angka dalam sebuah program? Pertimbangkan semuanya: kelemahan dan kekuatan Anda, suka dan tidak suka, dan kepentingan lainnya ketika Anda berpikir tentang rencana karir yang akan Anda pilih. Baca tentang bidang yang Anda minati dan berbicaralah dengan orang lain yang melakukan pekerjaan tersebut. Fokus arah Anda harus pada posisi dan bidang yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Langkah 2: Lakukan Riset
Sangat penting untuk belajar sebanyak mungkin tentang perusahaan yang Anda minati dan untuk mempertimbangkan semua pilihan Anda, kata Pam Webster, seorang manajer perekrutan untuk Enterprise Rent-A-Car. Dia harus tahu: Enterprise adalah perekrut negara terbesar lulusan perguruan tinggi.

“Anda harus berpikiran terbuka tentang peluang di perusahaan dan industri yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya,” katanya. Sekali Anda telah mengidentifikasi perusahaan yang ingin Anda targetkan, Webster menyarankan melihat situs Web mereka, membaca artikel berita dan berbicara dengan karyawan untuk belajar sebanyak yang Anda bisa. “Anda juga perlu melihat stabilitas perusahaan,” katanya. “Apakah perusahaan akan berada di sana untuk jangka panjang?”

Langkah 3: Persiapkan Perangkat Lamaran Anda
Sangat penting untuk memiliki alat yang tepat untuk tugas apapun. Peralatan yang diperlukan untuk mencari pekerjaan adalah curriculum vitae atau resume, surat lamaran dan portofolio pekerjaan Anda (jika sebelumnya Anda pernah bekerja). Luangkan waktu untuk mengembangkan resume dan surat lamaran yang dengan jelas menyampaikan kekuatan dan pengalaman. Berikut adalah beberapa tips untuk diingat:

  • Pikirkan benar-benar tentang jenis resume yang Anda butuhkan. Sebuah resume fungsional, yang menyoroti kemampuan Anda dan bukan riwayat kerja Anda.
  • Fokuslah pada prestasi dan hasil yang Anda capai, bukan deskripsi sederhana dari pengalaman.
  • Gunakan kata-kata tindakan (positif) dalam resume dan surat lamaran untuk menggambarkan pengalaman Anda, seperti “dimulai,” “diproduksi” dan “berhasil.”
  • Jika Anda mempunyai pengalaman kerja praktis yang minim, cobalah untuk mengingat-ingat aktivitas sosial atau organisasi apa saja yang pernah Anda ikuti dan cantumkan yang menurut Anda baik dan mendukung citra pribadi Anda.

Langkah 4:. Jaringan
Salah satu tugas yang paling penting dalam pencarian kerja adalah jaringan. Mengambil keuntungan dari setiap sumber daya yang Anda miliki, mungkin petugas sekolah Anda dahulu, alumni yang sudah bekerja, teman-teman orang tua Anda, mantan dosen, saudara, ataupuntetangga. Hubungi mereka semua, apakah mereka mempunyai kenalan yang mugkin bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan.

Langkah 5: Jadilah Seorang Profesional.
Jika Anda ingin bergabung dengan dunia profesional, Anda perlu bertindak – dan terlihat – profesional. Gunakan pakaian yang pantas untuk semua wawancara kerja Anda. “Pastikan alamat e-mail Anda dan nama sesuai,” kata Webster. Itu berarti jika e-mail Anda adalah “crazygirl2005,” saya sarankan keras pada Anda untuk membuat account baru. Webster mengatakan Anda juga harus ingat untuk menjadi profesional di rumah. “Bersiaplah untuk panggilan telepon atau wawancara telepon setiap saat,” katanya. Semakin Anda memainkan bagian dari seorang profesional terlatih, semakin banyak orang akan melihat Anda sebagai seorang profesional.

Langkah 6: Jangan Menyerah
Dunia nyata bisa menjadi tantangan nyata. Tetapkan harapan yang realistis dan mengakui bahwa Anda mungkin harus memulai dari bawah dan bekerja dengan cara anda. Anda mungkin akan menghadapi penolakan saat Anda mulai mencari pekerjaan pertama Anda penuh waktu, tapi semua orang berjalan melalui itu. Tapi ingatlah untuk proaktif, gigih dan tetap yakin bahwa ada pekerjaan yang besar di luar sana untuk Anda!

Semoga Bermanfaat ya guys..🙂

sumber : lokerdirektori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s